6 CAMILAN ASLI JAKARTA YANG HARUS KAMU CICIPI

Diposting pada

6 CAMILAN ASLI JAKARTA YANG HARUS KAMU CICIPI. Jakarta adalah ibukota negara Indonesia yang menyimpan kekayaan masakan ciri khas suku Betawi. Buat orang yang sudah lama menginjakkan kakinya di Jakarta, sudah pasti tak asing dengan sebagian makanan ciri khas Betawi yang benar-benar bermacam, unik, serta tentunya nikmat. Namun buat mereka yang tak pernah hirup udara ciri khas ibukota, kemungkinan terpana tahu bukti akan keragaman masakan yang dipunyai oleh suku Betawi.

Akan ajak kau untuk ketahui lebih jauh tentang daftar makanan ciri khas Betawi. Kau yang mulanya cuma tahu beberapa, ditanggung akan tahu semakin banyak serta makin terpesona dengan negara Indonesia sebagai surga kuliner untuk tiap-tiap manusia.

6 CAMILAN ASLI JAKARTA YANG HARUS KAMU CICIPI

6 CAMILAN ASLI JAKARTA YANG HARUS KAMU CICIPI

  1. Kerak Telor

Untuk yang pertama, kau mungkin tak asing dengan makanan ini. Namanya kerak telur. Makanan ciri khas Betawi ini dapat disebutkan jadi simbol kuliner Jakarta yang dikenal oleh sebagian orang di luar kota Jakarta. Kerak telor sendiri merupakan makanan yang dibikin berbahan basic berbentuk beras ketan putih, telor ayam atau telor bebek, ebi kering, bawang goreng, serta dibumbui halus dari kombinasi kelapa sangrai, cabe merah, garam, gula, merica, jahe, serta kencur. Kerak telor dijadikan secara unik. Lazimnya panganan ini diciptakan dalam wajan kecil tanpa ada menggunakan minyak.

  1. Biji Ketapang

Untuk isi waktu lengang, orang Jakarta memiliki camilan ciri khas adalah kudapan manis biji ketapang. Waktu mendekati lebaran, biasanya sebagian orang yang membuat biji ketapang untuk dikonsumsi sendiri atau di jual. Cemilan ini benar-benar tepat disuguhi dikala ada tetamu dadakan. Tidak cuma Jakarta, biji ketapang dapat juga diketemukan di beberapa daerah lain dengan pengaplikasian bahan yang bermacam. Spesial di Jakarta, biji ketapang biasanya dibikin dari tepung terigu yang digabung dengan kelapa muda.

  1. Geplak Betawi

Dari struktur serta penampilannya, makanan ciri khas Betawi yang satu ini seperti seperti tape ialah lembut serta terlihat seperti diolesi bedak. Namun untuk rasa-rasanya, geplak betawi mempunyai cita rasa manis, sedang tape rasa-rasanya asam. Kudapan ciri khas Betawi ini ketika ini sudah langka. Kedatangan kudapan manis geplak betawi lazimnya ada pada saat pesta pernikahan dimana kue ini akan jadikan kue pengantar pengantin pada pesta pernikahan adat istiadat betawi.

  1. Dodol Betawi

Dodol memanglah bukan makanan absah Betawi, tapi di Jakarta, populer dengan salah satunya dodolnya yang bernama dodol betawi. Dari sisi penampilan, mungkin dodol betawi terlihat kurang menarik. Warnanya yang hitam kecokelatan kurang menggugah selera, tetapi tak dengan rasa-rasanya yang berbagai yakni ketan putih, ketan hitam, serta duren. Dodol betawi bukan makanan yang bisa didapat tiap hari. Hadirnya hanya ketika Ramadhon, Idul Fitri, Idul Adha, atau pada pesta-pesta ciri khas Betawi.

  1. Asinan Betawi

Di Indonesia, populer dua type asinan yaitu asinan Bogor serta asinan Betawi. Asinan bogor lazimnya menggunakan buah-buahan tropis serta jarang-jarang yang mengaplikasikan sayur. Sesaat asinan betawi seringkali diketemukan berisi sayur-sayuran seperti sawi, kembang kol, tauge, selada, kacang tanah goreng, serta tahu putih. Kuah dari asinan betawi berbentuk bumbu kacang yang fresh sebab digabung dengan cuka serta cabai.

Asinan betawi terhitung masakan ciri khas Betawi yang disenangi oleh beberapa penggemar masakan Jakarta. Tidak hanya sedap serta beri kesegaran, asinan betawi termasuk makanan yang sehatkan sebab banyak terkandung sayur-sayuran. Jadi komplementer makan, asinan betawi umumnya ditambah lagi dengan kerupuk mie kuning.

  1. Kudapan Talam

Kudapan talam ialah hidangan ciri khas Betawi yang lazim jadikan sajian buka. Kudapan ini akan makin nikmat seandainya disantap bersama dengan teh hangat. Kue tradisionil ciri khas Betawi satu ini memiliki rasa yang demikian nikmat dengan penambahan struktur kudapan manis yang lembut serta bersatu dengan gurihnya santan. Walau kue ini terhitung makanan kuno, kongkretnya ketenaran dari kue talam terus memancar. Kudapan talam umumnya dibikin dari kombinasi tepung terigu, tepung beras, atau tepung tapioka. Apabila tangan-tangan trampil, kombinasi bahan itu dapat menjadi kue yang mempunyai tekstur lembut, mulus, serta bercita rasa manis. Manis kamu tidak bendung untuk mencobanya, kue talam umumnya di jual bersama dengan kudapan manis-kudapan manis basah yang lain. Manis talam akan dikemas dengan plastik transparan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *